Belajar mendapatkan uang dari bisnis affiliate marketing

Pengertian Affiliate marketing pada umumnya merupakan sebuah pekerjaan yang bersifat mempromosikan (merekomendasi) sebuah produk, dimana jika kita berhasil menjaring pembeli maka kita akan mendapat komisi (bayaran).

Produk disini bisa berbentuk apa saja, baik dari real product yang artinya nyata dan dapat disentuh seperti bahan makanan, rumah, pakaian, Jam tangan, Cincin, Barang Elektronik, sepeda motor, mobil. Dan juga dalam bentuk jasa, seperti kamu merekomendasikan sebuah asuransi, bank online, broker forex, Sewa gedung, Konsultan, bahkan sampai pengacara.
Contoh affiliasi marketing yang paling mudah dipahami
Entah sadar atau tidak kita semua sudah pernah ikut andil dan berkontribusi dalam kegiatan afliate marketing. Contoh mudah, ketika Kamu merekomendasikan sorang teman untuk mendaftar sebuah akun exchange atau pinjaman online, lalu kemudian kamu mendapatkan hadiah coin / sebuah kode promo berupa potongan harga, Benar bukan? Tindakan tersebut merupakan salah satu bentuk penerapan affiliate marketing.
affiliate marketing

Contoh affiliate yang lebih menonjol dalam kehidupan nyata. Misalnya, Ada seorang yang ingin membeli sebuah sepeda motor tetapi dia tidak bisa menentukan merek dan model apa yang ingin di beli. Menurut mu, apa yang akan dia lakukan?

Kebanyakan orang akan membuka browser  dan mencari informasi tentang produk dengan kata kunci seperti “Motor terbaru dan paling irit”. Setelah itu dia pasti akan membaca sebuah riview atau kemungkinan kedua menonton video yang tampil di halaman pertama hasil pencarian.

Kebanyakan publiser dan YouTuber akan memberikan link rekomendasi pada bagian tertentu agar dia melihat dan berminat untuk mengunjungi halaman dimana motor tersebut dijual. Link ini bisa berbentuk tulisan, gambar, dan bentuk lain seperti iklan pada umumnya.

Tanpa disadari, tautan yang di klik adalah sebuah link affiliate. Dimana jika dia melakukan transaksi setelah mengklik link, maka sang pemasang link itu akan mendapat komisi (bayaran) dari penjualan Motor tersebut. Tentu kamu bisa bayangkan berapa upah dari transaksi jika benar terjadi, mengingat harga motor saat ini lebih dari 12 juta Rupiah.

Mengapa memilih Melakoni bisnis affiliate marketing?

Keta semua tahu, kebutuhan dan harga barang semakin hari semakin mahal. Belum lagi nanti menikah, anak pertama lahir kemudian yang kedua, terus biaya masuk sekolah dan bayar tagihan listrik tiap bulan. Ada banyak alasan mengapa seseorang memutuskan untuk terjung kedunia binis online ini, dan berikut contohnya:

Menjadi Pasif Income
Berpenghasilan tanpa harus bekerja terus-menerus, saat Kamu membuat sebuah artikel yang mengulas "motor sport paling ramah lingkungan" lalu mendapat banyak sekali pembaca, dari beberapa pengunjung melakukan pembelian melalui rekomendasi dari kamu, maka semakin besar komisi yang didapat. Pendapatan ini bisa dikatakan akan terus mengalir meskipun memang menjadi misteri.
Penghasilan dari pebisnis online affliate marketer bisa lebih besar dari karyawan Astra atau Online Shop

Tidak terlalu menyita waktu (flexibel)
Keuntungan dari affliate marketing adalah kamu tidak perlu meninggalkan pekerjaan lama (tukang kebun), tapi masih bisa mendapat penghasilan sampingan yang mungkin saja bisa berkali-kali lipat lebih besar dari gaji bulanan.

Modal Relatif kecil
Menjadi anggota marketing jenis ini tidak butuh modal besar, kamu hanya perlu mendaftar dan memanfaatkan apa yang kamu miliki seperti smartphone android, Laptop (kalau punya) dengan sedikit jaringan intenet yang bisa kamu dapat dari hotspot wifi portable.

Menambah Ilmu
Menjalani bisnis marketing kamu tidak harus menjadi seorang affliate expert. Jangan pernah canggung serta berhentilah berfikir pesimis, toh tentunya mereka yang sudah ahli juga pernah mejadi pemula. Bayangkan sedikit keuntungan untuk menyulut motifasi sambil belajar berjalan untuk terjun ke dunia ini.

Cara Berbisnis Affiliate Marketing

Ingat! Anda adalah pemula yang masih belajar jadi mulailah dari bawah. Dan awal yang baik adalah mengenal detail bisnis yang akan kamu jalani.

Tentukan Nice Pasar
Niche merupakan gambaran spesifik tentang traget yang Anda bidik sesuai dengan kemampuan. Dengan nice kamu bisa menentukan jenis media atau website yang akan digunakan sebagai ladang mencari uang online. Menentukan produk apa yang akan Kamu tawarkan saat pengunjung datang.

Tentu tidak logis jika kamu memiliki website tentang jamu herbal tapi pasang iklan affliansi bernice motor. Memang rizki gak akan kemana tapi kita maksimalkan segala kemungkinan dengan menempatkan sesuatu pada tempatnya, benar?

Dalam kalimat affiliate marketing ada kata Market yang berarti pasar, jadi focus kita adalah bagaimana cara memasarkan produk pada pelanggan yang berniat membeli dan menggali informasi seputar barang dagangan.

Cari tahu program affiliasi yang ada
Setelah menemukan kategori yang cocok, langkah selanjutnya adalah memilih program affliansi dengan mencari tahu barang-barang apa saja yang ada sesuai nice kamu. Memang membutuhkan waktu dan analisa tapi kamu perlu hati-hati karena ini akan menyankut penghasilan yang akan diraih.

Berikut adalah beberapa pertimbangan kamu sebagai dasar memilih program affliansi :
- Seberapa banyak dan siapa saja yang bergabung dalam program tersebut, Dengan ini kamu bisa melihat sejauh mana nanti penghasilan yang akan kamu dapat melalui orang yang lebih dulu terjun.
- Besarnya jumlah komisi dari setiap aksi yang dilakukan pembeli (persenan). Bandingkan dengan beberapa program dan pastikan kamu memilih yang paling menguntungkan.
- Jenis Support apa saja yang disedikan program affiliate, Di Negara kita sendiri memiliki banyak sekali online shop yang menyediakan support affiliasi seperti Lazada, Zolora, Bukalapak.

Research Produk Afiliasi
Carilah produk apa saja yang paling sesuai dengan nice yang kamu kuasai. Jangan terlalu terpaku mempromosikan produk yang kamu suka, carilah barang yang paling mengandung kata kunci sesuai dengan kategori website. Hal ini bisa membangun tingkat nilai konversi yang tinggi dan akhirnya menghasilkan uang yang banyak.

Buatlah landing page (Media)
Landing page menjadi sangat penting, mengingat kita ingin sesuatu yang bertahan lama jadi pilihan paling bijak adalah membuat website atau channel Youtube. Dengan media tersebut tidak hanya satu orang yang bisa kamu ajak, bisa dauble bahkan ribuan orang.

Tapi bagaimana jika tidak memiliki website atau tidak punya akun youtube? Kamu bisa memanfaatkan media lain seperti facebook page, Goolge Plush, Instagram, atau mungkin group whats app.

Susun Strategi
Berbisnis apapun tentu memerlukan strategi khusus, begitu juga dengan Affiliasi kamu perlu menerapkan beberapa rencana berikut untuk mencapai keberhasilan.

Buatlah sejumlah postingan (artikel) yang berbau riview produk, dengan begitu kamu akan mendapat kepercayaan para pembaca dan semakin setia penggemar website mu maka akan semakin banyak konversi yang terjadi. Dalam membuat riview sebaiknya jangan melulu menerbitkan kelebihan produk, jika memang ada sedikit cacat atau kelemahan sebaiknya paparkan saja apa adanya, karena setiap pembeli yang cerdas (hampir semua consumen) pasti lebih memilih produk yang sudah tahu plush minusnya ketimbang yang kelihatan bagus saja.

Memasang Link
Pasang tautan pada postingan dengan bentuk link di artikel langsung (internal) ,  selain itu kamu juga bisa menempatkan banner iklan yang di sediakan pihak affiliasi pada bagian tertentu yang mudah untuk ditemukan oleh pengunjung, dan semacamnya.

Kekurangan bisnis affiliate
1. Penghasilan kamu bergantung pada orang lain, Selain besarnya komisi berdasarkan kebijakan penyedia program afliansi, penghasilan kamu juga tergantung dari minat dan aksi dari pelanggan (pengunjung).
2. Bersaing dengan sesama Afliansi, Bukan hanya kamu yang bergelut melakoni bisnis ini, bisa saja teman atau saudara kamu adalah pesainh besar dalam program aflliansi yang sama.

Kesimpulan :
Affiliate marketing adalah sebuah usaha dimana kita bisa mendapatkan penghasilan diluar dari pekerjaan tetap sebagai karyawan instansi atau perorangan secara online.

Sumber referrensi artikel :
https://www.dewaweb.com/blog/affiliate-marketing-panduan-lengkap-2018/amp/

5 Komentar

  1. Wah ini bisa dicoba bagi yang mau belajar bisnis yang memberi kita banyak wawasan baru.

    BalasHapus
  2. Mantab keterangannya mas, saya pernah mencoba affiliat di Bhinneka tapi zonk haha, dengan trik di atas bisa nambah ilmu marketting nih

    BalasHapus
  3. affiliate memang belom ada matinya mas, tidak salah di coba...

    BalasHapus
  4. duhhh belum begitu ngerti soal affiliat, masih blajar ngeblog mungkin next time bisa dicoba ya kak

    BalasHapus